About Me

header ads

Forkopinda Cek Posko Bencana Alam ,Dalam Rangka Kesiapan Mengahadapi Bencana




Nganjuk,wilispos.com-Polres Nganjuk bersama Forkopimda serta instansi terkait Rabu 08/01/2020 melaksanakan pengecekan Posko Siaga Bencana Alam di desa Talang,Kec.Rejoso Kab.Nganjuk.

Ratusan personil baik dari Polres.Kodim,BPBD,Tagana, Satpol PP,Dinas Kesehatan,mapun warga sekitar telah sisiapkan sehingga mempermudah penanganan apa bila terjadi bencana.

Kegiatan hari ini melaksanakan pengecekan Posko Bencana Alam untuk melihat kesiapan sumber daya manusia dan peralatan yang nantinya akan digunakan menangani bencana di wilayah Kab.Nganjuk kususnya wilayah Rejoso dan sekitarnya.

Peralatan yang ada di tenda Posko Bencana  alkom,gergaji mesin, perahu karet bermotor,  baju pelampung, baju pemadam kebakaran, perahu karet, serta  mobil rescue yang siap untuk digunakan setiap saat.

Posko Bencana Alam ini didirikan di wilayah Rejoso ,karena dianggap salah satu wilayah yang rawan terjadinya bencana alam yaitu banjir dan merupakan tempat yang berada tengah-tengah ,sehingga distrategis untuk gerak cepat apa bila terjadi bencana alam secara tiba-tiba.

Saat pengecekan Posko Kapolres Nganjuk AKBP HANDONO SUBIAKTO S.H.,S.I.K.,M.H. bersama rombongan terjun langsung ke lokasi terdampak terjadi banjir diantaranya di sungai Rejoso desa Rejoso yaitu tanggung jebol sehingga air menggenangi perumahan warga.

Juga desa Klagen merupakan lokasi terdampak bencana banjir air sungai meluap menggenangi rumah warga,selanjutnya di Dusun Corah desa Jatitrejo ,Kapolres Nganjuk,Dandim 0810 dan Bupati bersama-sama membantu warga membersihkan sampah yang menghalang-halangi aliran sungai,dengan harapan air bisa berjalan lancar.

Kepada media Kapolres Nganjuk mengatakan " Kami bersama instasi terkait selalu siap siaga untuk membantu masyarakat apa bila terjadi bencana kapan saja,segera melapor kepada petugas apa bila ada tanda-tanda akan terjadi bencana,sehingga kita segera bertindak dengan cepat dan tepat untuk menyelamat warga ".

Kapolres Nganjuk juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari terjadinya banjir agar melakukan hal-hal dibawah ini antara lain : 1.Jangan membuang sampah disembarang tempat,buanglah pada tempatnya.2.Membuat saluran air yang baik karena memperlancar aliran irigasi.3.Rajin membersihkan saluran air agar aliran air lancar sampai ke muara.4.Menanam pohon di sekitar rumah atau tempat-tempat rawan longsor.5.Melestraikan hutan dengan usaha penanaman kembali atau penghijauan.6.Membuat resapan air.

Posting Komentar

0 Komentar