About Me

header ads

Physical Distancing Diberlakukan di Kab.Nganjuk Guna Cegah Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona





Nganjuk,wilispos.com-Seluruh Polsek jajaran Polres Nganjuk tadi malam Jum’at 27/03/2020 serentak melansanakan penyecatan terhadap tempat-tempat dianggap berpotensi besar adanya penyebaran viru corona diwlayah Kab.Nganjuk terutama tempat public.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengubah istilah pembatasan sosial (social distancing) menjadi menjaga jarak fisik (physical distancing).Alasan penggunaan istilah ini adalah untuk mengklarifikasi bahwa ada instruksi untuk berdiam diri di rumah demi memutus rantai penyebaran virus corona. Namun, bukan berarti kita memutus kontak dengan teman atau keluarga secara sosial.

Meski berjauhan, penting bagi kita untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat. Namun, komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan telepon, video call, maupun obrolan chat,untuk saling mendapatkan informasi terutama terrkait virus corona saat ini yang sudah mewabah dimana-mana.

Untuk menghentikan penyebaran virus corona yang terjadi saat ini, masyarakat telah diinstruksikan untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak antar manusia dengan cara tinggal di rumah, menghindari keramaian, dan menahan diri untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Hal tersebut seperti yang sudah dilaksanakan di wilayah Kab.Nganjuk saat ini ,adapun manfaatnya Physical distancing sangat penting untuk memerangi pandemi COVID-19, khususnya selama belum ada vaksin yang berhasil ditemukan seperti saat ini. Kita harus melakukan segala upaya untuk sebisa mungkin menjaga jarak secara fisik untuk melindungi diri dan orang lain dari infeksi virus corona.

Sejauh ini, physical distancing yang diimbau oleh pemerintah adalah:
·                     Bekerja dari rumah (work from home)
·                     Belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
·                     Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri orang banyak, seperti konferensi, seminar, dan rapat, atau melakukannya secara online lewat konferensi video atau teleconference
·                     Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit, melainkan cukup melalui telepon atau video call, ini dilakukan paling tidak selama 14 hari karena virus corona sendiri memiliki waktu inkubasi selama 14 hari.

Yang penting dan perlu diketahui kita bersama seputar physical distancing untuk mencegah penyebaran virus corona. Tetap jaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh Anda dan keluarga selama beraktivitas di dalam rumah. Untuk mengisi waktu selama physical distancing di dalam rumah, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
1.           Menonton acara TV favorit dengan keluarga
2.           Family quality time dengan mengobrol agar tercipta bonding yang kuat
3.           Berolahraga di rumah agar tubuh tetap bugar
4.           Membaca buku favorit
5.           Memulai hobi baru, seperti memasak, menggambar, atau hobi lainnya
Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup dan rajin mencuci tangan dengan benar.
Saat ditemui diruang kerjanya Kapolres Nganjuk AKBP HANDONO SUBIAKTO S.H.,S.I.K.,M.H menyampaikan betapa penting kita mengikuti anjuran pemerintah “ Mari kita tetap membiasakan hidup bersih dan sehat ,berolah raga makan makanan bergizi ,dan jangan lupa membersihkan tangan selesai melakukan aktivitas apapun serta ikuti apa yang menjadi himbauan pemerintah,kita berdo’a semoga secepat mungkin virus corona segera berakhir di bumi ini dan kita dapat beraktivitas seperti biasa”. Mari #BersatuLawanCorona untuk #LiveExcellently







Posting Komentar

0 Komentar